Pemerintahan

1500 Personil TNI-Polri Jaga Pilkades Serentak Kabupaten Pasuruan 2019

Diterbitkan

-

Bupati Pasuruan didampingi Kapolres Pasuruan dan pejabat utama Kodim 0819 Pasuruan inspeksi kesiapan pasukan pengaman. (ist)
Bupati Pasuruan didampingi Kapolres Pasuruan dan pejabat utama Kodim 0819 Pasuruan inspeksi kesiapan pasukan pengaman. (ist)

Pasuruan, Memontum.com – Bertempat di stadion R Soedarsono-Pogar Bangil, Bupati Pasuruan bersama jajaran forkompimda Pasuruan serta pejabat teras Pemkab Pasuruan, Jumat (22/11) siang menggelar apel akbar operasi Mantap Praja Jogo Pasuruan, dalam rangka pengamanan pilkades serentak yang akan dilaksanakan Sabtu besok.

Tampak hadir pada gelaran apel tersebut diantaranya Irsyad Yusuf Bupati Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan Kapolres Pasuruan, Dandim 0819 Pasuruan,Dan Yonkav 8 Tank,Dan Sub Denpom Pasuruan,Kajari Kabupaten Pasuruan, Sekda Kab Pasuruan, Asisten 1 Pemkab Pasuruan, Kapolsek jajaran serta sejumlah kepala OPD.

Pada amanatnya selaku inspektur upacara Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, di hadapan ribuan petugas keamanan TNI-Polri, mengatakan persiapan dan pentingnya menjaga pilkades agar tetap kondusif.

“Kita melihat proses pendewasaan demokrasi sedang berlangsung yang dimulai dari tahap transisi demokrasi, dengan melakukan pembelajaran terhadap setiap prinsip-prinsip demokrasi, melalui penguatan dan pematangan dasar – dasar dalam kehidupan berdemokrasi pada tahap pemantapan demokrasi kehidupan bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara di tandai dengan akuntabilitas pemerintah,”ujar Bupati Pasuruan.

Sementara itu Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, saat diwawancarai pers, memberi penjelasan.

Advertisement

“Dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsungnya pemilihan Kepala Desa, Polri bersama TNI dan Instansi terkait lainnya melaksanakan Pengamanan dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif,” urai Rofiq.

Masih menurut Rofiq, total petugas yang diturunkan untuk pengamanan pilkades serentak berjumlah tak kurang dari 1500 personil, yang akan bersiaga di 17 Kecamatan yang seluruhnya terdapat 168 Desa/TPS.

“Nantinya setiap TPS akan dijaga 6 personil TNI-Polri,” pungkas orang nomer satu di jajaran Polres Pasuruan ini.

Dari pantuan Memontum.com, selain mendapat bantuan dari anggota Sat Brimob dan Sabhara Polda Jatim sebanyak 1 SSK(Satuan Setingkat Kompi), pengamanan pilkades serentak Kabupaten Pasuruan juga mendapat BKO personil dari Polres Mojokerto, Madiun, Jombang, Blitar, Trenggalek, Ponorogo, Madiun,Tulungagung, Jember, Bondowoso dan Banyuwangi masing-masing 1 SKK. (hen/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas