Berita

Lawan Corona, Emak-Emak Borong Empon-Empon di Pasuruan

Diterbitkan

-

Penjual rempah-rempah di Pasar Bangil. (ist)
Penjual rempah-rempah di Pasar Bangil. (ist)

Memontum Pasuruan – Merebaknya virus corona atau dalam bahasa ilmiahnya Covid-19 yang merupakan virus mematikan di awal tahun 2020, membuat masyarakat dunia was-was tak terkecuali di Indonesia. Apalagi pemerintah Indonesia melalui dinas terkait, telah menetapkan dua warga Depok-Jawa Barat positif terjangkit virus tersebut.

Segala upaya dilakukan masyarakat untuk menjaga diri maupun keluarganya dari serangan virus tersebut, salah satunya yakni menggunakan masker saat berada di luar rumah dan mengkonsumsi rempah-rempah.

Seperti yang terlihat di pasar tradisional Kecamatan Bangil, beberapa emak-emak membeli rempah-rempah atau biasa disebut khalayak ramai sebagai empon-empon dengan jumlah banyak.

“Ndak tahu mas, kenapa beberapa hari belakangan ini banyak sekali orang membeli empon-empon,”ucap Kalimah (58) pedagang rempah-rempah di pasar Bangil asal Kecamatan Rembang, Rabu (4/3/2020) siang.

Lain halnya yang disampaikan Wahyuni (45) seorang ibu rumah tangga asal Kelurahan Pogar-Bangil. “Empon-empon adalah resep termanjur untuk mencegah serangan virus corona itu,”ujarnya.

Advertisement

Adanya empon-empon dapat mencegah diri dari virus corana, ia dapatkan dari sejumlah artikel atau browsing di internet. Dimana empon-empon direbus menjadi satu dan air rebusan empon-empon tersebut dikonsumsi.

Saat ditanya jenis apa saja empon-empon yang bisa mencegah sebaran virus coroba, dijawabnya dengan penuh keyakinan olehnya.

“Empon-empon tersebut yakni jahe, kunir, daun sereh, kayu manis, kunyit dan temulawak,” ungkap Wahyuni.

Sementara itu menurut salah satu praktisi kesehatan yakni dr Budi Santoso, saat dikonfirmasi Memontum.com memberi penjelasan.

“Keberadaan empon-empon memang dapat memproduksi curcumin dan jika dikonsumsi dapat menangkal virus. Dimana curcumin dapat mengendalikan sitoksin yang ada dalam tubuh kita,” terang dokter spesialis penyakit dalam ini.

Advertisement

Sementara itu, dari penelusuran yang dilakukan Memontum.com terhadap sejumlah artikel terkait penyebaran virus corona dan pencegahannya.

Menurut artikel yang ditulis Prof Dr Chairul Anwar Nidom, Guru Besar Biologi Molekular Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Empon-empon atau rempah jawa memiliki kandungan bahan aktif curcumin yang masuk dalam tubuh akan bereaksi menangkal virus. Curcumin akan mengendalikan produksi sitokin dalam sel yang muncul akibat infeksi virus. Sebelumnya saya pernah meneliti soal kasus flu burung. Pada penelitian itu terlihat bahwa infeksi virus yang masuk menyebabkan produksi sitokin meningkat sehingga menyebabkan pengerusakan sel secara terus menerus atau sering disebut badai sitokin.

Dengan konsumsi empon-empon yang menghasilkan curcumin, produksi sitokin yang bisa menyebabkan pengerusakan sel secara terus menerus akan terhenti.Meskipun ada virus dalam tubuh, yang terinfeksi tidak akan apa-apa. Karena produksi sitokin itu tadi terhalang curcumin.

“Sebenarnya yang menyebabkan kerusakan dan membawa kematian terhadap penderita atau orang yang terinfeksi virus bukan virusnya, tapi munculnya atau produksi sitokin yang berlebihan didalam tubuh,” jelas Prof Dr Nidom dalam artikelnya.

Advertisement

Lebih lanjut, Prof Dr Chairul Anwar Nidom, peneliti yang berhasil merumuskan penangkal virus tersebut mengatakan, dalam proses penemuannya tidak memerlukan waktu cukup lama. Sebelumnya, pada tahun 2006-2007 ia mengatakan pernah meneliti kasus infeksi virus flu burung yang memiliki dampak hampir sama seperti virus corona.

Pada tahun 2006-2007 lalu ahli bio molekul ini pernah meneliti soal infeksi virus flu burung. Cata kerja virus ini adalah meningkatkan produksi sitokin dalam tubuh. Sitokin itu yang menyebabkan kehancuran sel-sel.

Cara kerja virus corona hampir sama atau serupa dengan virus flu burung, namun corona memproduksi sitokin yang lebih rendah dari flu burung. Namun demikian Prof Nidom meminta agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi empon-empon dan selalu dibiasakan mencuci tangan setiap selesai beraktivitas. (hen/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas