Connect with us

Berita

Merpati Putih Panverta Hebohkan HUT Satpam di Polres Pasuruan

Diterbitkan

||

Memontum Pasuruan – Belum lama ini, seluruh anggota Satpam di Indonesia, memperingati HUT ke 39, yang jatuh pada tanggal 24 Januari 2020. Berbagai acara digelar, termasuk menampilkan keahlian beladiri. Keahlian beladiri, bagi personil satpam adalah tuntutan, mengingat tupoksi (tugas pokok dan fungsi)-nya adalah menjaga keamanan di lingkungan kerjanya. Maka, kemampuan khusus beladiri menjadi wajib.

Dari rangkaian gelaran peringatan HUT Satpam tersebut, ada yang menjadi catatan khusus redaksi memontum.com. Adalah penampilan tim satpam PT Panverta Cakra Kencana Pandaan Kabupaten Pasuruan. Delapan anggota satpam Panverta mampu menghebohkan dan membuat seluruh hadirin di halaman Polres Pasuruan memberikan applaus meriah.

Pada gelaran upacara peringatan HUT Satpam di Polres Pasuruan dipimpin langsung Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan. Delapan anggota satpam Panverta mendapat apresiasi khusus, dari Kapolres Pasuruan yang pernah bertugas di Polres Malang Kota ini.

Tim satpam Panverta menampilkan kemampuan beladiri silat Merpati Putih. Selain beladiri tangan kosong dan senjata, anggota silat Merpati Putih memiliki kekhususan dalam olah nafas, yang diimplementasikan dengan mematahkan benda keras.

Delapan personil ini menunjukkan kemampuan mematahkan kikir baja, stang pompa air, es balok dan bata putih. Tak tanggung-tanggung, benda keras yang dipatahkan jumlahnya rangkap. Mulai rangkap 3, es balok rangkap 12 hingga bata putih rangkap 39 biji. Ini melambangkan HUT Satpam yang ke 39 tahun.

Ambaryanto, Manager HRD PT Panverta Cakra Kencana, saat dikonfirmasi mengenai penampilan anggotanya, menyatakan sempat deg degan. Pasalnya, disaksikan pejabat dan masyarakat umum. Selain itu juga pasti disaksikan praktisi beladiri lainnya, yang sudah pasti bisa menilai jika gagal atau akal-akalan. Namun, pihaknya tidak ragu, karena kemampuan anggotanya bukan instan. Melainkan melalui proses panjang, teruji dan terukur sesuai kurikulum perguruan Merpati Putih.

“Tim satpam Panverta, dalam rangka HUT satpam, menampilkan kemampuan khususnya, yaitu beladiri silat Merpati Putih. Manajemen Panverta senantiasa menjaga dan meningkatkan skill anggota. Salah satunya dengan menggandeng silat Merpati Putih. Saya sampaikan terima kasih juga kepada jajaran Merpati Putih Kota Malang, yang selama ini membimbing kami,” ujar Ambaryanto, Manager HRD PT Panverta Cakra Kencana, saat dikonfirmasi Rabu (4/3/2020).

Pihaknya memilih melengkapi kemampuan anggota satpam dengan Merpati Putih, karena pencak silat ini warisan dari Raja-raja Mataram dan telah diuji dengan metode ilmiah. Selain itu, dikarenakan Merpati Putih juga menjadi beladiri wajib di Kopassus dan jajaran militer lainnya. (yanuar yong)

 

Terpopuler